Indonesia merupakan negara cincin api yang kerap dilanda gempa bumi. Baik itu gempa tektonik maupun gempa vulkanik. Untuk tahun ini saja sejumlah pulau maupun provinsi di Indonesia mengalami guncangan gempa yang cukup kuat. Salah satunya adalah gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

Tercatat sejumlah gempa berskala besar melanda Lombok yang dikenal dengan pariwisata di sektor pantai. Pada 25 Juli terjadi gempa dengan kekuatan magnitude 5.4. Disusul pada 5 Agustus dengan magnitude 7. Sejumlah bangunan mengalami kehancuran dan terdapat korban jiwa.

 

Gempa susulan terus terjadi, pada 9 Agustus dengan magnitude 5.6 dan yang terakhir menjadi pucaknya pada 19 Agustus. Dimana pada hari tersebut terjadi dua kali gempa besar masing-masing bermagnitudo 6.9 pada pukul 19.10 Wib dan 22.56 Wib. Dua gunjangan maha dahsyat ini meluluhlantakkan sejumlah bangunan, pemukiman, rumah ibadah, masjid, dan lain sebagainya.

 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 564 orang warga tewas dan ribuan warga lainnya mengalami luka yang serius. Dan kawasan yang paling banyak memakan korban jiwa berada di Lombok Utara. Karena kabupaten ini merupakan pusat titik gempa.

 

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumut bersama Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan berkesempatan melakukan aksi social dari tanggal 11-16 September lalu di Lombok Utara, NTB. PFI Medan yang diwakilkan oleh Fauzi Chaniago (pewarta lepas), Riski Cahyadi (Tribun Medan), Hermansyah (Medan Bisnis), dan Hendra Syamhari (pewarta lepas) menjalankan tugas jurnalistiknya dengan mengabadikan kondisi terkini dan mengabarkan dari lokasi kejadian bencana. Tak luput juga sejumlah kegiatan social ACT Sumut menjadi bagian dari imaji yang direkam.

 

Aksi kolaborasi kemanusian ini merupakan langkah awal ACT Sumut dengan PDI Medan untuk berkegiatan social sesuai dengan profesinya masing-masing. Dimana tindak lanjut dari kolaborasi ini adalah melakukan penggalangan dana di Sumut sambal melakukan pameran foto.

 

Acara yang bertemamakan ‘Peduli Gempa Lombok’ telah dilaksanakan di kampus UMSU. Dilanjutkan dengan pameran foto di stasiun kereta bandara Railink, Plaza Medan Fair, dan Binjai Super Mall. Tidak terutup juga penggalangan dana melalui berpameran foto ini dilakukan berkeliling disejumlah lokasi di Sumut. Dan dana yang terkumpul nantinya dapat membantu saudara-saudara kita di lokasi bencana Lombok, dan tetap semangat. Ayo bankit saudaraku, ayo bangkit Lombok. (foto oleh PFI Medan, teks Ferdy)

144 total views, 2 views today

Share with:

Facebook

TwitterGoogle