Berlebaran Di Kampung Halaman

Ada banyak cara orang untuk merayakan hari kemenangan, Hari Raya Idul Fitri. Setelah sebulan menjalani puasa dibulan Ramadhan, tidak ada salahnya kita untuk bersuka cita dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri ini. Mudik merupakan salah satu cara untuk berkumpul dengan sanak saudara serta keluarga bagi mereka yang tinggal jauh dari kampung halaman atau mereka yang merantau ke negeri orang.

Pewarta Foto Imaji Pertiwi, Ahmad Ridwan Nasution tahun ini berkesempatan mengunjungi kampung halaman nya di Sibuhuan, Padang Lawas, Sumatera Utara. Berjarak 400km dari Kota Medan, Saya menempuh perjalanan darat mengendarai mobil dengan waktu 12 jam.

Di kampung ini saya melihat beberapa keunikan yang tidak terdapat di Kota besar seperti Kota Medan, pertama sekali yang saya jumpai yaitu orang yang sibuk membakar sebuah bambu di atas kayu api, dari situ saya penasaran dan saya kemudian bertanya kepada seorang warga yang sedang memasak bambu itu, ternyata warga memasak Lemang, Lemang merupakan panganan santapan hari raya yang berbahan dasar beras pulut & santan kelapa.

Kemudian saya mendengar suara yang membuat saya menuju ke lokasi tersebut, ternyata ada sekumpulan anak anak yang sedang bermain ember serta piring di sebuah tanah lapang, kemudian saya bertanya sedang apa ini, ternyata anak anak ini sedang berlatih untuk pertandingan pawai obor takbir malam nanti, sangat unik menurut saya mereka menyambut Idul Fitri dengan sangat gembira. Tidak hanya bermain alat musik dari bahan bekas, anak anak ini juga memainkan meriam bambu, biasanya meriam ini juga di pertandingkan kelompok mana yang lebih keras suara nya itulah juaranya.

Keesokan harinya Idul Fitri pun tiba, Seluruh warga desa Sibuhuan pun bergegas menuju Masjid Raya Miftahul Firdaus untuk melaksanakan Solat Idul Fitri. Ramai nya warga yang melaksanakan solat ied membuat sejumlah warga yang terlambat datang terpaksa melaksanakan solat di halaman masjid serta di jalan raya. Sehabis solat ied tradisi maaf maaf serta santap panganan kue lebaran pun dilangsungkan.

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1438 H

389 total views, 2 views today

Share with:

FacebookTwitterGoogle