Dupa Penyempurna Doa

Jelang Imlek etnis Tionghoa sibuk mempersiapkan pernak pernik untuk merayakan tahun baru Imlek, seperti merias rumah dengan pernak pernik imlek,memasang lampion di sudut-sudut rumah hingga memasak kue keranjang untuk dibagi-bagikan.

Tapi untuk yang satu ini tidak pernah ketinggalan dalam perayaan hari besar etnis Tionghoa termasuk dalam perayaan tahun baru Imlek, Dupa, dupa merupakan material yang mengeluarkan bau, dan mengeluarkan asap ketika dibakar.

Dipercaya bagi etnis Tionghoa dupa ini merupakan penyempurna doa yang dipanjatkan kepada Dewa, Motif Dupa sendiri memiliki arti tertentu, Untuk motif ada yang bermotif nenas, ada pula yang polos, namun untuk motif utamanya tetaplah naga, karena naga merupakan lambang keabadian, dan kekuatan. Sehingga dipercaya mampu mengirimkan doa maupun permintaan kepada para sang dewa.

Nantinya Dupa ini akan digunakan di Vihara atau di rumah ketika para etnis Tionghoa hendak melakukan sembahyang serta memanjatkan doa kepada Dewa. (Foto : Ahmad Ridwan Nasution – Ferdy Siregar / Imaji Pertiwi)

373 total views, 2 views today

Share with:

FacebookTwitterGoogle