Indonesia adalah negara kepulauan, terbentang dari Sabang di Aceh sampai Merauke di Papua, yang terbentuk dari ribuan pulau besar dan kecil, yang terhubung oleh berbagai selat dan laut.  Saat ini pulau yang terdaftar dan berkoordinat berjumlah 13.466 pulau.

Banyaknya pulau di Indonesia menjadikan pertiwi ini merupakan negara kepulauan terbesar dan menjadi negara bahari terluas di dunia. Pesona bahari yang kita miliki meliputi taman laut yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Sebuah lembaga suvey pariwisata mencatat ada sepuluh besar destinasi taman laut yang wajib dikunjungi bagi para penggemar petualang bahari. Sepuluh lokasi tersebut diantaranya Taman Laut Bunaken (Sulawesi Utara), Banda (Maluku Tengah), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Kepulauan Derawan (Kalimantan Timur), Raja Ampat (Papua), Selat Pandar (NTT), Takabonerate (Makassar), Kepulauan Togean (Sulawesi  Tengah), Karimun Jawa (Jawa Tengah), dan Pulau Rubiah (Sabang-Aceh).

Sepuluh destinasi wisata selam ini cukup dikenal dari mancanegara maupun domestik. Sehingga tak ayak lagi bermunculan sejumlah operator selam. Salah satunya adalah Toba Dive Center (TDC) yang beralamat di Medan. Berdiri sejak tahun lalu, TDC salah satu operator selam di Medan yang memiliki dan beraliansi sertifikasi dengan Scuba School International (SSI).

Baru-baru ini TDC melakukan ‘open water’ atau penyelaman bawah laut di Taman Laut Pulau Rubiah yang berada di Pulau Sabang, pulau terluar di barat kawasan Aceh. Taman ini memiliki luas 2.600 hektar yang didiami oleh berbagai jenis terumbu karang, kerang raksasa, biota laut, dan ikan tropis. Penyelaman dilakukan mulai kedalaman 5 meter hingga 25 meter, dimana panorama bawah laut terlihat dengan jelas keindahannya. Keanekaragaman hayati laut masih tersimpang di taman laut ini dengan baik.

Semoga kelestarian Taman Laut Pulau Rubiah dapat terjaga dengan baik hingga menjasi istana bagi penghuninya para ikan tropis, terumbu karang, kerang raksasa, dan biota laut lainnya. Untuk info lanjut tentang petualangan bawah laut bisa bergabung melalui ‘fanpages facebook toba dive center’ (Imaji Pertiwi/Ferdy Siregar)

1,127 total views, 2 views today

Share with:

Facebook

TwitterGoogle