Taman Nasional Gunung Leuser biasa disingkat TNGL adalah salah satu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia seluas 1.094.692 hektare yang secara administrasi pemerintahan terletak di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Taman nasional ini mengambil nama dari Gunung Leuser yang menjulang tinggi dengan ketinggian 3404 meter di atas permukaan laut di Aceh. Taman nasional ini meliputi ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Di taman nasional ini terdapat 130 jenis mamalia,di antaranya Orangutan. Orangutan (Pongo pygmaeus) terletak hutan Kalimantan sedangkan Orangutan (Pongo abelli) berada di Taman Nasional Gunung Leuser.

Kehidupan kera besar ini terus terancam akibat populasi manusia dan perluasan areal perkebunan baik kepentingan pribadi maupun kepentingan perusahaan.

Perusakan alam oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab juga menjadi salah satu penyebab Orangutan melakukan migrasi karena habitat nya terancam hingga memasuki ladang dan pemukiman warga.

Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Centre dengan program nya fokus terhadap penyelamatan Orangutan dengan cara mengevakuasi dan translokasi Orangutan ke kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

Belum lama ini OIC berhasil melakukan evakuasi terhadap lima ekor Orangutan di daerah Aceh dan Langkat, tim OIC mendapatkan informasi dari warga bahwasanya ada Orangutan yang terisolir di lahan perkebunan warga, kemudian tim pun melakukan evakuasi dan melakukan translokasi ke kawasan TNGL.

(Imaji Pertiwi/Hendra Syamhari)

292 total views, 2 views today

Share with:

Facebook

TwitterGoogle