Berawal dari banyaknya konflik yang terjadi antara manusia dengan satwa gajah liar mendorong Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh untuk mendirikan Conservation Respon Unit (CRU). Dimana CRU ini diharapkan dapat menjadi alternatif menanggulangi konflik manusia dengan satwa dilindungi.

CRU adalah alat utama mitigasi konflik satwa dengan manusia, menjadi garda terdepan dalam upaya komprehensif program perlindungan dan pengamanan hutan di tingkat masyarakat, masa depan satwa gajah kawasan itu akan dilokalisasi di habitat alaminya dalam kawasan perlindungan yang dikelola pengamanan lintas yang menjadi pintu keluar masuk satwa gajah liar dari hutan ke kawasan budi daya.

Tidak hanya unit konservasi, kini CRU Sampoineit sudah menjadi kawasan ekowisata, warga bisa berinteraksi secara langsung dengan Gajah Sumatera, melihat bagaimana gajah mandi, melihat gajah makan, serta berkeliling hutan menaiki gajah.
Di CRU Sampoineit ini sendiri terdapat empat ekor Gajah Sumatera yang telah dilatih oleh para mahout gajah.

Diharapkan dengan dibuka nya CRU Sampoineit ini warga dapat menjaga kelestarian alam serta satwa satwa yang terdapat di dalam nya dan semoga tidak terjadi lagi konflik antara warga dengan satwa liar. (Hendri Abik for Imaji Pertiwi).

657 total views, 2 views today

Share with:

FacebookTwitterGoogle