Sering kita melihat upacara kemerdekaan dilaksanakan di sekolah-sekolah, lembaga pemerintahan, dan lapangan terbuka. Tetapi kali ini beda, Upacara Kemerdekaan Detik-Detik Proklamasi HUT ke-74 RI dilaksanakan di puncak gunung. Gunung Sibayak namanya.

Sibayak yang memiliki ketinggian 2.212 Mdpl berada di Kabupaten Karo, Sumut,  menjadi langganan bagi para pencinta alam dan komunitas lainnya sebagai lokasi upacara bendera bertepatan 17 Agustus 2019. Sejak dini hari hingga menjelang terbitnya sang surya, ribuan pendaki berbondong-bondong menaiki puncak gunung ini dengan ngambil start dari Desa Jarang Uda.

Tak pala jauh dan terjal, untuk mencapai puncak hanya diperlukan sekitar 45 menit saja. Bebatuan dan tumbuhan pandan besar mendampingi perjalanan menuju ke puncak. Sunrise atau matahari terbit menyambut para pendaki dengan cahaya dan warna khasnya. Lelah pun seketika hilang dengan sajian panorama alam yang cukup mempesona.

Sekitar pukul 09.00 WIB para panitia pelaksana upacara dari Gema Mahasiswa Pencinta Alam Institut Teknologi Medan (GMPA-ITM) dan ratusan pencinta alam lainnya bersiap untuk melaksanakan upacara 17 Agustus. Lagu Indonesia Raya pun berkumandang seiring Merah Putih yang naik menuju puncak tiang. Haru dan khidmat bersatu dengan hembusan angin sejuk di puncak gunung.

Selain upacara HUT ke-74 RI ini, adalagi yang cukup menarik yaitu perlombaan panjat pinang. Bisa kita bayangkan, gimana membawa batang pinang hingga mendirikannya di puncak Sibayak ini. Salut buat panitia penyelenggara. Para peserta yang turut andil juga cukup gembira dengan sejumlah hadiah perlombaan yang cukup menarik dipersembahkan panitia.

Semoga upacara yang cukup khas ini dapat bertahan dan menjadi agenda tahunan saat Hari Kemerdekaan tiba. (ferdy)

 

222 total views, 3 views today

Share with:

Facebook

TwitterGoogle