Sinabung Muntahkan Awan Panas Saat Erupsi

Posted by on Mar 2, 2021 in News | No Comments
Sinabung Muntahkan Awan Panas Saat Erupsi

Guguran awan panas yang meluncur dari puncak Gunung Sinabung saat erupsi yang terlihat dari Desa Tiga Pancur, Simpang empat, Karo, sumut (2/3/2021). Foto : IP/Saddam Husein

Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengalami erupsi yang cukup besar, Selasa (2/3/2021). Gunung Sinabung yang memiliki tketinggian 2.460 Mdpl mengalami mengalami peningkatan aktivitas yang cukup tinggi dalam dua pekan terakhir. Puncaknya pada, Selasa (2/3) mengalami erupsi pada pukul 06.42 WIB terjadi rangkaian awan panas gugruan dengan jarak luncur 2.000 meter hingga 5.000 meter ke arah tenggara timur yang diserta kolom asap dengan kisaran tinggi 5.000 meter.

“Terjadi awan panas guguran 2.000 meter pada pukul 06.42 WIB, mengarah ke arah timur dan tenggara dengan arah angin masih mengarah ke barat daya,” kata Petugas Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra.

Seorang warga berusaha membersihkan tanamannya dari abu vulkanik pasca erupsinya Gunung Sinabun di Desa Mardingding, Karo, Sumut (2/3/2021). Foto : IP/Saddam Husein&lt

Akibat dari erupsi tersebut, lebih dari 37 desa di tiga kecamatan yang berada di sisi barat dan barat daya terdampak abu vulkanik. “Tiga kecamatan yang terdampat tersebut adalah Kecamatan Tigabinanga, Kecamatan Tiganderket, Kecamatan Kutabuluh,” ujar Plt Kalaksa BPBD Kabupaten Karo, Natanail Perangin Angin.

Gunung Sinabung juga sempat mengalami erupsi sekitar pukul 09.49 WIB dan pukul 14.56 WIB. Selain itu, ada 13 kali awan panas guguran yang terjadi hari ini. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga menyebut debu vulkanik menyebar hingga ke perbatasan Aceh Tenggara.

Sejumlah kendaraan melintasi jalanan yang dipenuhi dengan abu vulkanik di Desa Mardingding, Karo, Sumut (2/3/2021). Foto : IP/Saddam Husein

Hingga kini, Sinabung masih berstatus Siaga pada Level Tiga. Untuk itu masyarakat yang berada pada radius 3 kilometer dari puncak gunung, serta radius 4 kilometer untuk sektor timur-utara, dan 5 kilometer sektor selatan-timur dihimbau untuk menggunakan masker saat akan keluar rumah dan mengurangi aktifitas berkebun atau diluar rumah. (IP/edy regar)

 105 total views,  1 views today